Filsafat
Pemasaran
Pengertian
Pasar atau Definisi Pasar adalah
tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
Pengertian pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok
yang dilakukan oleh pengusaha mempertahankan kelangsungan hidupnya , untuk
berkembang,dan mendapatkan laba.
Menurut Kotler pemasaran adalah sebagai sesuatu proses
social dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan usahakan melalui penciptaan , pertukaran yang dapat memenuhi
kebutuhan, keinginan atau permintaan seseorang atau kelompok.
Ada
lima falsafah yang sebaiknya digunakan sebagai pedoman usaha pemasaran untuk
mencapai pertukaran yang didambakan dengan pasar sasaran. Pemberian bobot yang
harus diberikan pada organisasi, pelanggan dan masyarakat yang berkepentingan
seringkali saling bertentangan. Sehingga perlu ada landasan dari aktifitas
pemasaran organisasi tersebut. Dalam Kottler (1997), landasan ini dikelompokkan
dalam lima konsep alternative antara lain:
1. KONSEP PRODUKSI
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia
dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki
produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini adalah falsafah paling tua
digunakan dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua
situasi, yaitu situasi pertama, bila permintaan akan produk lebih besar dari
penawannya ; situasi kedua, terjadi kalau biaya produk terlalu tinggi dan
perbaikan produktifitas diperlukan untuk menurunkannya. Akan tetapi, perusahaan
yang bekerja dengan falsafah ini menghadapi resiko tinggi dengan focus terlalu
sempit pada operasinya sendiri. Bila perusahaan berusaha menurunkan harga, yang
pasti dilupakan adalah kualitas, padahal yang di inginkan konsumen adalah harga
rendah dengan barang yang menarik.
2. KONSEP PRODUK
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik
dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk
terus menerus melakukan perbaikan produk.
3. KONSEP PENJUALAN
Falsafah bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi
dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi mengadakan usaha penjualan dan
promosi berskala besar. Konsep ini biasanya dilakukan pada barang yang tidak
dicari, yaitu barang yang mungkin tidak terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen,
contoh : ensiklopedia, asuransi,dll. Industri ini harus mahir dalam melacak
calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepadakonsumen. Tujuannya adalah
menjual yang perusahaan buat, bukan produk apa yang dibutuhkan masyarakat
konsumen.
4. KONSEP PEMASARAN
Falsafah manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa
pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan
pasar sasaran dan penyampaian kepuasan didambakan itu lebih efektif dan efisien
daripada pesaing. Kemungkinan konsep ini membingungkan bila dibandingkan dengan
konsep penjualan.
5.
KONSEP PEMASARAN BERWAWASAN SOSIAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar